Laman

30 Mei 2013

dr. Soetomo, Individu dan Manusia Sosial

Pada hari Senin Kliwon tanggal 30 Maulud tahun 1969, atau tanggal 30 Mei 1938, dokter R. Soetomo telah wafat di C.B.Z. Surabaya jam 4.15 sore setelah menderita sakit beberapa bulan lamanya. Jenasahnya dimakamkan di Surabaya di pekarangan G.N.I. Bubutan pada hari Rabu tanggal 1 Juni 1938, jam 3.30 siang.


dr. Soetomo
Dokter R. Soetomo dilahirkan pada tanggal 30 Juli 1888 di Desa Ngepeh (Nganjuk) sebagai putera dari seorang guru sekolah, tuan R. Soewadji. Beliau ini keluaran dari Kweekschool (Sekolah Guru) Malang dan Bandung, teman sekolah dan teman se-jaman dengan tuan R.W. Dwidjosewojo. R. Soewadji dari guru pindah pada kalangan B.B. Tidak lama kemudian menjadi wedana di bawah R.M.A.A. Koesoemo Oetojo. Pada waktu itu R.M.A.A. Koesoemo Oetojo menjadi bupati di Nganjuk.

Setelah lulus dari sekolah rendah di Bangil ia masuk  STOVIA. Beberapa temannya pada waktu itu ialah dr. Soewarno (dokter mata), dr. Andu (Menado), dr. Slamet, dr. Soeradji, almarhum dr. Goenawan Mangoenkoesoemo (iparnya), dr. Budiardjo Mangoenkoesoemo, dr. Latumeten, dr. Saleh, dll.

Pada tahun 1907 ayah Soetomo wafat. Sebagai putera yang paling tua dengan mempunyai dua orang adik lelaki dan empat orang adik perempuan, pada waktu itu ia duduk di kelas tiga di jurusan kedokteran. R. Soetomo menyatakan akan meninggalkan sekolahan dengan bermakud mau bekerja supaya dapat membantu penghidupan dan pendidikan adik-adiknya. Tetapi niatan ini telah dicegah oleh ibunya. Ibunya berpengharapan supaya puteranya R. Soetomo terus belajar sampai dapat gelar Ind. Arts. Setelah itu dapat memelihara putera-puteranya. Nyonya R. Soewadji menarik diri pergi ke desa dan melakukan pertanian kecil.

Mulai saat itu R. Soetomo kelihatan amat “prihatin”, mulai memikirkan dan merasakan urusan sosial, memikirkan tentang ibu dan adik-adiknya.

Berhubung dengan itu juga maka timbul perkumpulan “Boedi Oetomo” yang didirikan di gedung sekolahan STOVIA, Kongres yang pertama dari B.O. dilangsungkan di Yogya pada tahun 1908.

Perintis2 pergerakan kebangsaan Indonesia. Kongres Budi Utomo jang
pertama, diadakan dalam bulan Oktober 1908 digedung Kweekschool di
Jogja. Biaja kongres ini dikumpulkan dengan susah pajah oleh siswa2
dokter itu. Kemudian pimpinan diserahkan kepada kaum tua, jakni kepada
dokter Wahidin Soedirohoesodo (duduk, ketiga dari kiri). Soetomo (baris
kedua, keempat dari kanan) menitikkan airmata dalam penjerahan ini,
kuatir, sebagai kekuatiran seorang bapak jang menjerahkan baji jang
baru terlahir kepada orang lain.
(dari arsip keluarga Soetomo)

Dalam tahun 1911 ketika pemerintah Hindia Belanda kekurangan Ind. Arts (dokter Jawa), disebabkan timbulnya penyakit pes, R. Soetomo dengan 6 temannya sekelas, 6 bulan sebelum ujian penghabisan, diangkat sebagai Ind. Arts tanpa menempuh ujian.

Penempatan yang pertama di Semarang. Dari sana pindah di Stadsverband (sekarang C.B.Z.) Betawi. Karena suka melihat hal-hal yang kurang adil atau tingkah yang sewenang-wenang, maka ia telah bercekcokan dengan seorang jururawat bangsa Eropa, karena yang disebut belakangan ini tidak menurut perintahnya sebab ia cuma dokter Jawa saja. Perkara ini dimajukan oleh nyonya Stokvis (Gouv – Arts) dan dokter Soetomo di pihak yang benar.

Pada tahun 1912 ia dipindahkan ke Tuban dan setelah itu ke Lubuk Pakam di Sumatera Timur. Di tempat ini ia tidak sedikit membangun pergerakan. Atas inisiatifnya telah didirikan suatu perhimpunan “Piroe Koeno”. Selain itu ia mempelajari keadaan pekerjaan buruh (arbeidstoestand) di kebun-kebun, menyebabkan ia kemudian perlu untuk menceritakan tentang pekerjaan buruh itu, keadaan dan tempat-tempatnya, dengan jalan pidato atau menulis, dan juga melakukan kritik yang bersifat membangun.

Pada tahun 1914 ia dipindah pada pemberantasan pes di Jawa Timur dengan tempat jabatan Malang, Kepanjen dan Magetan. Di kota yang paling belakangan ia telah berselisih faham dengan bupati kota itu tentang perbaikan rumah-rumah kediaman (woningverbetering).

Meskipun belakangan ternyata ia tidak bersalah, akan tetapi ia terpaksa mesti meninggalkan kota Magetan. Sesudah tiga bulan dapat uang tunggu, kemudian diangkat lagi di Blora, dikerjakan di rumah sakit Zending. Waktu itu yang mengepalai rumah sakit Zending ialah tuan van Engelen. Di Blora ia mendirikan kumpulan, mempelajari “Pergerakan Samin” dan lain-lainnya.


Rumah bekas tempat tinggal dr. Soetomo di Jln. Lusi 21 Blora. Di sini beliau
pernah tinggal dengan ibunja dan kemudian istrinja, selama tahun 1917.
Rumah ini sudah mengalami banjak perubahan sedjak itu sehingga
bentuknja sudah tidak sama lagi dengan rumah jang dulu.

Dalam tahun 1917 ia dipindah ke Baturaja (Palembang) di mana ia tinggal di situ sampai penghabisan tahun 1919. Di tempat itu keadaan sunyi, sehingga ia selalu berhubungan dengan pulau Jawa dengan menulis beberapa brosur.

Semenjak menjadi murid STOVIA, R. Soetomo ingin sekali mendapat diploma dokter Eropa. Untuk mencapai cita-citanya, maka ia berhubungan dengan almarhum Mr. Van Deventer dan nyonyanya. Beberapa hal selalu merintangi cita-citanya untuk meneruskan ke Eropa buat dapatkan apa yang dikehendakinya.

Tetapi niatan itu dilepaskan, dan ia bertekad terus supaya Dokter Jawa dapat dikirim ke Eropa untuk melanjutkan pelajarannya dengan beaya Pemerintah. Ia senantiasa mendesak ke jurusan itu kepada kepala-kepala dari Burgelijke Geneeskundige Dienst (Dinas Kedokteran Sipil) dengan berakhir dikabulkan juga yaitu pada tahun 1919–1920. Tiga dokter Jawa, R. Soetomo, Sja’af, Sardjito dikirim ke Eropa. Belakangan banyak lagi dokter Jawa yang dikirim ke Eropa dengan tugas belajar dari pemerintah dan aturan ini juga berlaku kepada penasehat hukum dan dokter hewan sampai adanya penghematan.

Selama ia belajar di Eropa dalam tahun 1919–1923, satu tahun ia pegang pimpinan dari Indische Vereeniging yang sekarang menjelma menjadi “Perhimpunan Indonesia”.

Di tiap-tiap kongres kaum mahasiswa, R. Soetomo selalu ambil kedudukan di muka sebagai yang terpandang. Antaranya kongres di Oeggeest, Hardebroek, Lunteren, dsb.

Setelah lulus dan mendapat diploma, ia bekerja pada Prof. Mendes da Costa di Amsterdam lalu menjadi assisten dalam ilmu dermatologi dari Prof. Dr. Unna di Hamburg--guru besar yang terkenal seluruh dunia,-- pun lalu juga jadi pembantu Prof. Plaut di Weenen dan Paris, buat ambil titel specialist ke jurusan penyakit kulit dan geslachsziekten (huidziekten).

Pada permulaan tahun 1923 ia kembali dari tugas belajar ke negerinya sendiri dan kemudian ia diangkat sebagai dokter kulit pada C.B.Z. di Surabaya, merangkap memberi pelajaran di NIAS.


Gedung fakultas Kedokteran, Universitas Airlangga di Karang Mendjangan,
Surabaya. Gedung ini dulu bekas tempat sekolah dokter (NIAS), dimana dr.
Soetomo pernah memberikan peladjaran sebagai guru.

Everdina Broering dan dr. Soetomo
Di Blora dalam tahun 1917 beliau kawin dengan seorang nyonya Belanda yang amat dicintai olehnya, teman setia dalam kesusahan maupun kegembiraan, yang malang bagi dr. Soetomo, telah meninggal dunia lebih dulu dalam tahun 1934.

Dalam ilmu kesehatan, yang menjadi keahliannya, dr. Soetomo menunjukkan kecakapan dan kepandaian yang telah diakui oleh rekan-rekannya, dan sebagai pendidik dari murid-murid dokter beliau juga terkenal baik pelajarannya.

Sebagai Manusia
dr. Soetomo adalah seorang yang baik budi terhadap siapa pun juga, kawan, dari bangsanya sendiri maupun bangsa lain: seorang yang jujur hati, suka berbicara terus terang, suka memberi kepercayaan sepenuhnya kepada barang siapa yang telah menunjukkan dapat dipercaya, tetapi juga sangat keras terhadap orang-orang, yang biarpun telah menjadi sahabat karib, menunjukkan budi kurang jujur.

Beliau amat suka menolong pada orang lain yang sedang dalam keadaan melarat atau membutuhkan, malah sering melupakan keadaan diri sendiri, hingga karena kebaikan itu kadang-kadang juga diri sendiri mendapat susah! Tidak sedikit uangnya yang dikeluarkan buat menolong teman-temannya dan orang lain yang butuh pada pertolongan, apalagi buat keperluan pergerakan, berpuluh ribu rupiah yang dikeluarkan dengan hati ikhlas.

Sebagai dokter beliau disukai banyak orang, baik antara sesama rekannya sendiri maupun oleh pasien-pasiennya. Yang demikian itu selain lantaran memang cakap dan pandai dalam ilmunya, juga karena kehalusan budi. Ini tentu telah diakui terutama oleh orang-orang yang pernah meminta pertolongan beliau sebagai dokter. Kebiasaan kebanyakan dokter kalau memeriksa atau mengobati orang selalu menarik biaya yang tinggi atau paling tidak seringgit, tetapi dr. Soetomo berlainan sekali. Dia tidak suka meminta, tentang pembayaran diserahkan pada sesukanya orang yang akan bayar. Beliau adalah seorang dokter yang tidak mempunyai ............. penagih biaya. Beliau cukup menaruh kepercayaan pada budi baik dalam tiap-tiap manusia rata-rata, yang tidak akan membalas kebaikan orang dengan kejahatan.

Maka dari itu bagi dirinya dr. Soetomo bukan saja berkorban uang, akan tetapi fikiran dan tenanganya juga selalu disediakan buat keperluan umum.

Begitulah jikalau ada orang yang boleh dikatakan benar-benar menjadi abdi masyarakat, yang sungguh-sungguh mengabdikan diri pada sesama manusia, kepada keperluan umum, maka orang itu ialah dr. Soetomo.

Dalam Politik
Tetapi segala sifat baik dari dr. Soetomo itu, budi dan sepak terjang yang bagus dan mulia tidak dapat cukup nampak seterang-terangnya dalam kedudukan beliau sebagai dokter, melainkan terutama sangat kentara dalam penghidupannya sehari-hari sebagai politikus. Pun nama dr. Soetomo telah menjadi sangat terkenal dan harum tak karena kepandaiannya sebagai tabib, melainkan karena kedudukannya dan jasa-jasanya sebagai politikus, terutama sebagai orang yang mengabdikan diri ada nusa, bangsa dan sesamanya.

Umum untuk diketahui, bahwa dr. Soetomo bukan pendekar dan pemimpin yang terbesar, setidak-tidaknya toh salah seorang antara yang paling besar pada waktu ini. Sudah sejak masih sangat muda dr. Soetomo telah menceburkan diri dalam politik. Dan sampai pada hari wafatnya, yang utama menjadi pikirannya ialah tidak lain daripada pergerakan kebangsaan pada umumnya dan langkah partainya yaitu Parindra khususnya.

Sebagai murid sekolah dokter (Stovia) di Betawi dr. Soetomo pada tgl 20 Mei 1908 bersama-sama dengan dr. Goenawan dll. telah mendirikan perkumpulan Boedi Oetomo, perkumpulan yang tertua, dan perintis jalan bagi pergerakan kebangsaan di negeri ini. Maka ketika baru-baru ini pada tanggal 20 Mei tersebut, di mana-mana telah diadakan peringatan untuk merayakan usia pergerakan kebangsaan.


Sebuah foto jang bersedjarah, diambil digedung Stovia, Djakarta. Pengurus
Budi Utomo jang pertama, jang pada waktu itu dipelopori oleh siswa2
sekolah dokter itu. Antaranja terlihat ketuanja, Soetomo, duduk ketiga dari
kiri, keempat Soewarso, panitera, dan kelima, Goenawan. Berdiri kiri ke
kanan Soelaiman, wakil ketua dan Moh. Saleh. Ketua Soetomo pada waktu
itu baru berumur 20 tahun.
(dari arsip keluarga Soetomo)

Dalam Pergerakan Nasional
Mulai dari permulaan Boedi Oetomo beliau memegang pimpinan dan orang tentu belum lupa segala usahanya dan contoh baik sebagai pemuka B.O. di Betawi. Meskipun kemudian terpaksa harus meninggalkan perkumpulan itu untuk memberikan tenaganya pada gerakan yang lebih cocok dengan kemajuan dan aliran zaman dan dirinya sendiri, akhirnya ia bergabung lagi dengan anak kandungnya itu sesudah B.O. dan P.B.I. bersatu menjadi Partai Indonesia Raya. Tetapi tentang dr. Soetomo harus dikatakan, bahwa aliran apa pun juga yang pada suatu waktu dipandang baik buat dianut, beliau tidak pernah meloloskan diri dari politik, selalu berdiri di tengah-tengah perjuangan politik dan turut dalam pergerakan untuk memajukan nusa dan bangsa. Dapatkah itu dikatakan juga dari lain-lain orang, bahkan yang kemajuan dan didikannya sama atau lebih tinggi daripada beliau? Adakah seorang pencinta bangsa yang begitu ulet dan begitu setia pada tujuannya dan tidak pernah terputus angan-angannya dan cita-citanya, hingga mulai dari waktu masih murid sekolah hingga pada saatnya pulang ke rahmatullah tetap siap dan bersedia tidak berhenti menyediakan dirinya untuk perjuangan politik guna kemuliaan negeri dan bangsanya.

Maka dari itu, kawan maupun lawan, dan rakyat mau tak mau harus mengakui kebesaran beliau sebagai seorang politikus dan pemimpin yang tetap setia, pantas dihormati sepak terjangnya, yang pantas dicontoh. Terutama dan yang terpenting ialah keperluan rakyat.

Ketika dr. Soetomo ada di Surabaya beliau diangkat menjadi anggota dewan perwakilan kotapraja dengan kawan-kawannya yang lain yang segolongan. Apabila terasa kedudukannya dalam dewan itu seolah-olah berarti, lalu menolong memotong leher rakyat, maka bersama-sama dengan 4 orang golongannya beliau meletakkan jabatan (berhenti) sebagai angota dewan tersebut. Keberhentian beliau ini disambut oleh beribu penduduk kota Surabaya dalam satu rapat umum yang memberi persetujuan pada dr. Soetomo dan lain-lainnya itu. Bandingkanlah itu dengan sepak terjang sementara orang yang dalam keadaan demikian, sekarang malah lebih suka melepaskan prinsip dan kehormatan sendiri, asal kedudukannya dan ............. fulusnya masih bisa tetap!

Pada tanggal 4 Juli 1924, dr. Soetomo turut mendirikan Indonesische Studieclub di Surabaya yang mula-mula hanya bermaksud supaya para intelektual jangan terlalu mejen, suka memikirkan nasib rakyat, dan akhirnya juga benar-benar turut membuktikan bahwa mereka dapat membela kepentingan rakyat dalam praktek.

Dalam tahun 1926, ketika kota Surabaya terjadi pemogokan besar di beberapa pabrik-pabrik dan perusahaan industri, lantaran pengaruhnya kaum komunis yang begitu hebat, maka dr. Soetomo dengan golongannya, telah diangkat menjadi hakim pemisah, yaitu duduk dalam komisi yang memeriksa sebab-sebabnya pemogokan itu dan mencari perdamaian dan keakuran. Hal ini juga berhasil, hingga beberapa soal yang penting dapat dipadamkan.

Begitu pula dr. Soetomo pernah menjadi hakim pemisah ketika ada perselisihan antara perkumpulan kaum Islam, yaitu antara Muhammadiyah dan Sarekat Islam. Pertengkaran dari dua perhimpunan ini begitu hebat seakan-akan tak dapat didamaikan. Berhubung dengan itu maka orang lalu menunjuk dr. Soetomo cs. menjadi hakim pemisah. Begitulah setelah dr. Soetomo mencampuri segala perselisihan menjadi beres dan damai.

Maka tidak heran, bahwa kedudukan dr. Soetomo di Surabaya mendapat perhatian orang banyak. Hal ini terbukti ketika Studieclub mengadakan malam interinsuler pada tahun 1925. Di situ segala perhimpunan menunjukkan perhatian dan simpatinya.

Karena dipandang perlu oleh pemerintah, maka dalam tahun 1927 dr. Soetomo diangkat menjadi anggota Volksraad (Dewan Rakyat). Tetapi angkatan ini tidak dapat diterima olehnya, karena Studieclub tidak menyetujuinya.

Dalam pertengahan bulan Desember tahun 1927 atas persetujuan partai-partai politik yang besar telah dapat diadakan badan Permupakatan Perhimpunan-perhimpunan Politik Kebangsaan Indonesia (P.P.P.K.I.). Badan permupakatan terdiri dari Boedi Oetomo, P.N.I., P.S.I., Pasundan, Kaum Betawi, Sumatranenbond dan berbagai Studieclub. Dari badan persatuan ini yang dipilih menjadi ketua oleh kongres P.P.P.K.I. adalah dr. Soetomo.

Ketika Studieclub di Surabaya lantaran telah terang kemauannya, garis-garis tujuan politiknya dsb.nya diganti Persatuan Bangsa Indonesia pada tgl. 16 Oktober 1930, yang dipilih sebagai ketua juga dr. Soetomo.

Bahwa kedudukannya sebagai politikus yang terkemuka itu tidak jarang memikul padanya beban-beban yang amat berat, pun sering menimbulkan kekecewaan yang besar bagi dirinya, itu tentu dapat dikira-kira.

Tetapi dr. Soetomo selalu memberikan petuah pada kawan-kawannya yang sedang hampir putus asa atau kecewa. Bahwa siapa yang bergerak di lapangan politik, sudah seharusnya berani menanggung resikonya. Resiko yang paling kecil sekali ialah pendakwaan palsu (insinuasi) guna menghilangkan pengaruh atau kepercayaan yang tengah berkembang. Lagi pula bahwa dr. Soetomo itu terang seorang orang yang tidak pernah putus asa, selalu berdiri tegak, meskipun dengan terang-terangan atau dengan cara gelap mendapat rintangan atau pun tamparan yang sehebat mungkin, itu dapat dilihat dari segala sepak terjang selama hidupnya.

Cita-cita dr. Soetomo yang tinggi tentang kemuliaan tanah air hanya akan bisa tercapai dengan persatuan yang kekal dari bangsa-bangsa di Indonesia, dapat berwujud sekedarnya dengan lahirnya partai-partai yang tergabung menjadi Partai Indonesia Raya. Maka hingga saat jiwa dr. Soetomo terlepas dari badan jasmani, tiada berhentinya dia menumpahkan perhatiannya kepada partainya itu.

Sebagai Penyusun
Jikalau ada orang yang menyebut dr. Soetomo itu tidak saja seorang penganjur, pemuka dan pemimpin, tetapi juga seorang penyusun (bouwer) yang kelihatan nyata segala perbuatannya, tidak hanya cakap bicara, tetapi juga bisa bekerja, itu tentu dapat dibenarkan apabila orang melihat berapa banyak pendirian yang sekarang telah dapat didirikan atas usaha atau dengan pertolongan beliau.

Kita catat saja pendirian-pendirian sebagai: Rukun Tani, Bank Nasional Indonesia, Bank-bank Koperasi, Rukun Pelayaran Indonesia, Rumah Piatu P.P.A.J., Badan Pengurus Pengangguran, P.P.I., Weefschool, Vrouwentehuis, Rumah untuk memelihara anak-anak supaya terhindari dari penyakit lepra, G.N.I., sekolah-sekolah nasional, perusahaan surat kabat, dll.

Demikianlah tidak saja di lapangan politik, tetapi juga di lapangan sosial beliau banyak sekali jasanya dan meninggalkan nama harum pada tiap-tiap pendirian itu.

Di Lapangan Jurnalistik
Perhitungan tentang segala apa yang telah ditinggalkan oleh dr. Soetomo sebagai barang warisan permai dan pusaka untuk kemajuan bangsa dan nusa kita, tentu tidak lengkap apabila kita belum menyebut pekerjaan dan jasa beliau di lapangan jurnalistik dan persurat-kabaran; segala keluh-kesahnya untuk memajukan dan menyentosakan pers Indonesia umunya; segala cita-citanya buat menyempurnakan alat kemajuan bangsa kita yang sangat penting dan senjata perjoangan yang paling tajam ialah pers itu.

Untuk memberi keterangan kepada umum, ia mendirikan usaha baru ialah surat kabar mingguan “Soara Oemoem”, diterbitkan pula majalah mingguan Jawa “Penjebar Semangat”, dan harian “Tempo”. Beberapa brosur sudah dikarang oleh dr. Soetomo, diantaranya untuk penuntun dan penerangan rakyat yang dikeluarkan oleh Balai Pustaka.

Selain itu beliau sehari-hari turut hidup dengan 3 surat kabar yang ada di bawah pimpinannya, tidak mengenal susah atau payah untuk memajukannya. Semua orang tentu mengetajui juga apa yang dikerjakan olehnya buat mendapatkan keuntungan bagi pers kita dengan selalu membela kepentingannya dan menggugat segala rintangan bagi pers itu, di mana saja beliau mendapat kesempatan untuk berbuat begitu. Perbaikan kedudukan surat-surat kabar, nasib dan penghidupan wartawan, terutama yang bekerja pada surat kabarnya, itulah yang sehari-hari selalu dipikirkan beliau daripada apa pun juga dengan tidak putus-putusnya.

Sebagai ketua perkumpulan direktur surat kabar, beliau telah berulang-ulang menyampaikan keinginan surat-surat kabar pada pihak pemerintah, sekalipun pemerintah agung di Nederland. Selalu siap mempertahankan hak-hak kemerdekaan pers dan sebagainya.

Tiada saja sebagai redaktur yang mengurus penghidupan surat kabar, tetapi juga sebagai wartawan, sebagai penulis, dr. Soetomo terkenal baik, tajam dan jitu tulisan-tulisannya. Malah banyak sekali orang heran ketika beliau mengirimkan surat-suratnya dari luar negeri buat surat kabar ketika mengadakan perjalanan keliling dunia. Karena amat baiknya susunan tulisan-tulisan itu.

Bagi Kaum Tani
Juga kepada kaum tani ia selalu memperhatikannya. Telah didirikan olehnya, yang sekarang sudah tersiar di seluruh Jawa Timur. Untuk kepentingannya kaum tani, ia telah menerbitkan mingguan “Kromo Doeto” dan kemudian menjadi “Penjebar Semangat”.

Bagi Famili
Pekuburan keluarga di Ngepeh, dimana dikebumikan kakek dan nenek
dr. Soetomo jang sangat dikasihinja itu. Dalam hidupnja beliau tiap tahun
datang menjekar kesana. Kini pekuburan inipun dalam keadaan rusak. Djuga
rumah, halaman dan kolam2 ikan sudah tiadak lagi.
(dari album keluarga Soetomo)

Walaupun dokter R. Soetomo banyak kerja di kalangan sosial, sebagai putera paling tua sendiri yang mulai mudanya sudah kehilangan orang tuanya, ia tidak lupa juga melakukan kewajibannya terhadap keluarganya dan saudara-saudaranya.

Oleh karena pimpinannyalah, maka saudara-saudara lelaki dan perempuan dapat pendidikan yang sempurna dan pengajaran yang cukup.

Tujuh putera dari almarhum R. Soewadji adalah sebagai berikut:
  1. dr. Soetomo, guru NIAS Surabaya.
  2. dr. R. Soesilo, Kepala Pemberantasan Malaria di Sumatera Selatan dan sebagai tempat jabatan di Palembang.
  3. dr. R. Soeratno, Kepala Dinas Kedokteran Hewan di Betawi.
  4. Nyonya dr. Goenawan Mangoenkoesoemo (dr. Goenawan Mangoenkoesoemo wafat).
  5. Nyonya Ir. Soerjatin, Yogyakarta.
  6. Nona Sri Oemijati, Direktris dari sekolah Kartini di Cirebon.
  7. Nona Mr. Siti Soendari, Direktris Bank Nasional di Malang.

Penutup
Untuk menulis riwayat dr. Soetomo selengkap-lengkapnya, terutama buat menggambarkan sifat, budi dan jasa-jasa orang luhur seperti dr. Soetomo itu akan meminta tempat banyak sekali. Sedang itu juga tentu masih selalu kurang. Sebab, barangkali perkataan yang beberapa banyak pun juga belum dapat menggambarkan ketinggian budi dokter itu yang sebenar-benarnya. Tetapi barang siapa pernah bergaul dengan beliau dari dekat, tentu tidak membutuhkan banyak perkataan buat mengukur budi dr. Soetomo.

Maka cukuplah kiranya apabila dikemukakan bahwa dr. Soetomo adalah seorang satria, putera Indonesia yang pantas dibuat contoh untuk kita semua.

Mudah-mudahan arwahnya mendapat tempat yang sempurna.

Amin...


Makam dr. Soetomo jang terletak dibelakang Gedung Nasional di Surabaja.
Makam ini beratap dan diteduhi dengan tirai2 bambu. Nisannja terbuat dari
batu pualam hitam ber-urat2. Sekelilingnja ditanamkan semak2 bunga melati,
bunga pudjaan almarhum.


Sumber gambar:
http://majalahkuno.blogspot.com/2010/11/star-weekly-646-17-mei-1958.html,
http://gadogadoblogs.blogspot.com/2010/10/sejarah-kisah-cinta-sang-pendiri-budi.html

Sumber tulisan:
Pitut Soeharto & Drs. A. Zainoel Ihsan. Cahaya Kegelapan. Capita Selekta Kedua: Boedi Oetomo & Sarekat Islam. hal. 233-248.

7 komentar:

  1. IBRA:Cerita ini membantu saya mengerjakan tugas saya

    BalasHapus
  2. Wawwww....!!!! Sampai gak bisa berkata apa2 lagi... Saluuut....!!!

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus